contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

SMK ISTEK ( Islam Dan Teknologi ) Tegal

salju

Minggu, 09 Mei 2010




TEMPO Interaktif, Tegal - Pemerintah Kota Tegal akan melibatkan siswa sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas untuk mengevaluasi guru mereka. Langkah ini diambil menyusul menurunnya jumlah kelulusan siswa dalam ujian nasional 2010.

“Evaluasi terhadap guru ini akan ditekankan pada proses mengajar. Bukan untuk mencari kesalahan tapi untuk mencari terobosan yang lebih baik dalam mengajar,” ujar Wakil Wali Kota Tegal Habib Ali Zaenal Abidin, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (27/4).

Menurut Habib, proses evalusi ini diharapkan menimbulkan sinergitas dalam proses belajar siswa yang selama ini tak pernah dilibatkan mengevaluasi proses mengajar guru. Proses evaluasi ini akan dilanjutkan upaya meningkatkan semangat guru untuk mengajar.

“Peningkatan ini bisa difasilitasi oleh Dinas Pendidikan dengan cara melakukan pelatihan terhadap guru,” ujar Habib Ali menambahkan.

Meski ia menilai, turunnya tingkat kelulusan siswa sekolah menengah atas di Kota Tegal saat ini akibat kurang persiapan antara elemen pendukung pendidikan yakni sekolah, siswa sekolah maupun orang tua.

Habib Ali menuding elemen terkait ini hanya mendorong persiapan siswa untuk giat belajar ketika memasuki tahun ketiga di sekolah. “Ini pandangan keliru, seharusnya minat belajar harus didorong sejak siswa masuk sekolah maupun saat memasuki tahun kedua di sekolah,” ujar Habib menjelaskan.

Tingkat kelulusan hasil UAN Kota Tegal tahun ini sebanyak 92,84 persen atau turun dibanding tahun lalu yang mencapai 96,41 persen. Berdasarkan data yang ada, siswa yang harus mengulang mencapai 192, lebih besar dari tahun lalu yang hanya 133 siswa.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Tegal Siswdiono Ahmad, menyatakan kurang sependapat bila siswa dilibatkan untuk mengevaluasi guru mereka. “Itu bertentangan dengan undang-undang pendidikan nasional,” ujar Sisdiono Ahmad saat dimintai konfirmasi kemarin.

Menurut dia, evalusi terhadap guru hanya dilakukan oleh pengawas mata pelajaran dan kepala sekolah yang memimpin institusi pendidikan. Ia menilai, keberadaan guru merupakan tenaga profesional yang diakui oleh pemerintah sehingga yang berhak mengawasi pemerintah sendiri.

“Kalau ada usulan siswa dilibatkan untuk mengevaluasi guru itu keliru dan tak paham tentang dunia pendidikan,” katanya.

0

0 komentar:

Posting Komentar

daftar isi

1 Tkj 2009/2010

Maju Terus Untuk Smk Istek Tegal...!

Grup FB

Berita Teknologi Terbaru

Info

Followers