contact
Test Drive Blog
twitter
rss feed
blog entries
log in

SMK ISTEK ( Islam Dan Teknologi ) Tegal

salju

Minggu, 09 Mei 2010


UN Lebih Jujur Dibandingkan Era Lalu
Seorang petugas memasang papan peringatan tentang penyelenggaraan Ujian Nasional di halaman SMA Negeri 2 Slawi, Kabupaten Tegal, Jateng, Senin (22/3). ANTARA/Oky Lukmansyah (ANTARA/Oky Lukmansyah)


Semarang (ANTARA News) - Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Prof. Mungin Eddy Wibowo menilai penurunan tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN) 2010 menunjukkan pelaksanaan UN berlangsung lebih jujur dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Penurunan tingkat kelulusan Ujian Nasional 2010 ini memang terjadi di beberapa daerah. Hal itu dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah adanya peningkatan kejujuran dalam pelaksanaannya," katanya di Semarang, Rabu.

Dia menilai kejujuran menjadi tema pelaksanaan UN tahun ini, yakni bagaimana siswa berprestasi dengan cara jujur, termasuk kejujuran berbagai pihak yang terlibat dalam pelaksanaan UN.

"Tema kejujuran itu diperkuat dengan penandatanganan pakta kejujuran oleh berbagai pihak, mulai dari tingkat pusat hingga dinas pendidikan tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk berkomitmen terhadap kejujuran," katanya.

Ia mengatakan, penilaian tingkat kejujuran dalam pelaksanaan UN 2010 yang lebih tinggi dibandingkan pelaksanaan UN tahun-tahun sebelumnya juga diperoleh berdasarkan peta kejujuran yang dimiliki BSNP.

"Kami memiliki peta kejujuran untuk mengukur dan memetakan potensi kejujuran atau kecurangan yang terjadi, dan tahun ini ternyata tingkat kejujuran dalam pelaksanaan UN lebih tinggi," katanya.

Mungin memandang pengawas dan pemantau ujian yang lebih banyak membuat potensi kecurangan ditekan seminimal mungkin.

"Dalam pelaksanaan UN tahun ini juga ada UN ulangan bagi siswa yang tidak lulus UN utama dan susulan, sehingga para siswa tentunya enggan berbuat tidak jujur dan lebih terpacu untuk mengasah kemampuannya sendiri," katanya.

Namun, ia mengakui penurunan tingkat kelulusan UN juga bisa disebabkan kurangnya sekolah memacu dan menyiapkan siswanya menghadapi UN, baik persiapan materi maupun mental. (*)

0

0 komentar:

Posting Komentar

daftar isi

1 Tkj 2009/2010

Maju Terus Untuk Smk Istek Tegal...!

Grup FB

Berita Teknologi Terbaru

Info

Followers